Skip to main content

Pengertian Proposal dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar

pengertian proposal - proposal adalah

Sering kali kita mendengar kata Proposal, apakah anda tahu pengertian dari kata tersebut?

Kata proposal berasal dari bahasa Inggris, yaitu proposal yang berarti pengajuan atau permohonan. Asal katanya adalah to propose (mengajukan). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa proposal merupakan suatu bentuk pengajuan penawaran, baik berupa ide,gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, izin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya (Hariwijaya, 2005: 12-13).

Sebagai contoh, proposal kredit yang diajukan ke bank yang isinya merupakan penawaran kepada bank mengenai rencana pembukaan sebuah usaha yang memerlukan pembiayaan dalam bentuk pinjaman (kredit). Tentunya, di dalam proposal tersebut dijelaskan hal-hal yang dapat meyakinkan bank agar mau dan dengan mudah mengucurkan dana sesuai dengan nilai anggaran yang telah ditetapkan.

Contoh lain, proposal pengajuan dana yang isinya rencana pembuatan suatu program atau kegiatan yang dananya didapat atau diperoleh dari lembaga donor, baik swasta maupun pemerintah. Tentunya, di dalam proposal tersebut dijelaskan hal-hal yang menyakinkan pihak lembaga donor agar bersedia mengucurkan bantuan dana untuk program atau kegiatan tersebut.

Sementara itu, proposal pendirian usaha pada dasarnya merupakan langkah untuk memulai sebuah usaha. Dengan adanya proposal pendirian usaha, akan diketahui apa bentuk usaha yang akan dilakukan, rencana prosesnya, hingga bagaimana peluangnya pada masa yang akan datang. Proposal jenis ini juga berguna untuk mencari rekanan bisnis (kerja sama usaha) dengan pihak lain atau bisa digunakan untuk keperluan pengajuan kredit usaha.

Selain contoh-contoh di atas, proposal juga bisa diajukan untuk mendapatkan persetujuan mengenai kegiatan yang akan dibuat. Misalnya, proposal rencana penelitian yang diajukan mahasiswa kepada pimpinan fakultas. Proposal seperti ini tentunya berisi hal-hal yang menyakinkan pimpinan fakultas untuk mengetujui penelitian yang akan dilaksanakan. Setelah disetujui oleh pihak fakultas dan ditentukan siapa pembimbing skripsi/tesis/disertasinya, penelitian barubisa dilakukan. Contoh lain, proposal kegiatan seminar yang diadakan sebuah organisasi mahasiswa sebagai bentuk permintaan persetujuan dari pihak universitas untuk ijin tempat atau permohonan dana.

Proposal merupakan entry point (pintu masuk) untuk meraih kesuksesan di masa depan. Proposal yang berhasil diterima oleh pihakyang berkepentingan menandakan telah terbukanya harapan untuk melakukan suatu program, usaha, atau kegiatan yang direncanakan. Dengan kata Iain, proposal merupakan "kunci" pembuka kesuksesan, tinggal bagaimana menjalankan apa telah direncanakan dalam proposal tersebut.

Apakah Tujuan dari Pengajuan Proposal?

Sesuai dengan pengertiannya yang merupakan bentuk pengajuan kepada pihak Iain tentang rencana program, kegiatan, atau usaha yangakan dilakukan, tujuan pengajuan proposal adalah meyakinkan pihakyang dituju agar memberikan dana, dukungan, persetujuan, atau izin terhadap rencana program, usaha, atau kegiatan yang akan dilakukan. Dengan begitu, proposal sangat berguna, terutama bagi seseorang atau lembaga yang akan melakukan suatu program, kegiatan, atau usaha. Secara garis besar, tujuan proposal dapat dijabarkan sebagai berikut:
  1. Untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan agama‚ sosial‚ politik, ekonomi, dan budaya.
  2. Untuk mendirikan usaha kecil, menengah,atau besar.
  3. Untuk mengajukan tender dari lembaga-Iembaga pemerintahatau swasta.
  4. Untuk mengajukan kredit kepada bank.
  5. Untuk mengadakan acara berupa seminar, diskusi, dan pelatihan.
Setelah membacanya anda tidak akan bingung lagi apabila ditugaskan tuliskan tujuan pengajuan proposal, selain itu kami akan berikan beberapa contoh proposal yangmungkin saja bisa membantu anda dalam mendapatkan ide atau sebagai referensi contoh makalah yang baik dan benar :
  1. Contoh Proposal dan Cover - Dana PERSATUAN PELAJAR INDONESIA DI YAMAN
  2. Contoh Proposal - Majlis Sabrang
  3. Contoh Proposal - Perbaikan (Rehab) Mesjid
  4. Contoh Proposal - Bidang Kegiatan PKM
  5. Contoh Proposal Bantuan
  6. Contoh Proposal Kegiatan
  7. Contoh Proposal - Rencana Bisnis atau Bisnis Plan
  8. Download Kumpulan Contoh Penelitian Tindakan Kelas PTK dan Proposal
  9. Download Contoh Proposal Dana untuk Kegiatan Program Kerja OSIS Tingkat SMP dan SMA Tahun Ajaran 2016-2017 Format Microsoft Word
  10. Proposal RKB PAUD 2016 Format Microsoft Word (Docx/Doc) Terbaru
  11. Proposal 17 Agustus HUT ke 71 (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan RI Download Gratis
  12. Download Contoh Proposal PTK SD Kelas 1 - 6 Lengkap
  13. Contoh Program Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 2018
  14. Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan Pesantren Kilat Format Doc
  15. Download Proposal PTK SD Lengkap Terbaru Tahun 2017
Berikut di atas adalah Pengertian Proposal dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar, diharapkan dengan adanya penjelasan tersebut anda bisa lebih memahaminya. Untuk tahap berikutnya di sarankan untuk mengetahui Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program.

Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Download, PROPOSAL dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar