U2FsdGVkX197TA9xRAOWOuRC4ukixnpEjCErmzs5MyJFh8iiaNbN3ziEUYClVCNTTypCw/6fX41PQ90jQDnOTQ==
Setelah dimulainya sinkron dapodik dari beberapa pekan ke belakang, ternyata siswa kelas 1 yang belum memiliki NISN sudah masuk ke database verval pd, apakah semua rekan OPS sudah coba cek? atau masih belum bisa login? kalau belum bisa login silahkan baca artikel :
Cara Reset Password Login Akun Verval PD dan ketahuilah faktor-faktor penyebab tidak bisa login verval PD . Bagi rekan operator sekolah yang sudah bisa login dan masih belum mengerti tentang cara verval PD secara detail, maka tepat sekali sekarang saatnya membaca artikel ini.

Kita langsung saja bahas mengenai istilah kata Macth dan Unmatch di verval PD, sebelum memahami betul saya pun merasa bingung sebenarnya apa itu unmacth dan match yang jelas pada saat kita melakukan verval PD pasti ada tombol bertuliskan kedua kata tersebut (setelah melakukan pencarian) tepatnya di tabel residu.

Berikut ini penjelasan singkatnya, ga perlu panjang-panjang yang penting kita paham :
Match : Digunakan jika nama siswa, tanggal-bulan-tahun lahir, nama ibu kandung cocok atau mirip antara data siswa yang berada di tabel residu dengan tabel pencarian (pencarian tingkat 5)

Unmatch : Dilakukan jika, ternyata data siswa (nama, tanggal-bulan-tahun lahir, nama ibu kandung) sama sekali tidak ada yang cocok ataupun mirip. Maka dilakukanlah Unmatch dengan tujuan generate NISN baru untuk siswa tersebut.
Contohnya pada gambar di bawah ini :

Penjelasan tambahan tentang Residu dan Referensi.
Tabel/Menu Residu : Merupakan tabel yang menunjukkan data siswa masih dipertanyakan kebenaran datanya hal tersebut dikarenakan ada banyaknya siswa dengan nama atau data yang hampir sama di seluruh Indonesia. Maka tugas kita sebagai OPS harus memastikan data mana yang benar dan sesuai dengan data siswa di sekolah kita masing-masing.

Tabel/Menu Referensi : Tabel yang menujukkan data NISN siswa sudah benar, berdasarkan data yang pernah kita kirim sebelumnya, tetapi jika ternyata salah maka kita harus mengembalikannya ke tabel residu dan edit datanya sampai benar.

Nah, sekarang kita akan coba melakukan Verval PD terhadap siswa yang masih ada di tabel residu. Ada bebeberapa hal yang harus diketahui oleh OPS untuk meyakinkan apakah data NISN siswa tersebut benar atau masih diragukan, yaitu dengan cara melakukan search nama siswa sampai Level 5 dan silahkan pilih serta temukan Nama siswa yang memiliki data sama persis / sangat mirip.

Contoh pencarian tahap 5 itu seperti ini :

Untuk tutorial / panduan cara verval PD versi operator sekolah bisa teman-teman OPS baca dan ikuti stepnya. Diharapkan dengan adanya tutorial yang saya susun khusus untuk teman-teman OPS, bisa lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan manual book Verval PD.

  1. Login
  2. Klik Tabel/Menu Residu
  3. Klik salah satu nama siswa
  4. Kemudian klik search sampai level 5 (Seacrh Next sampai 5 kali)

  5. Cari dan temukan data siswa yang sama, cocok, sangat mirip antara nama siswa (beserta datanya) yang ada di tabel residu dengan yang berada di tabel pencarian, silahkan klik setiap tab pencarian 1,2,3,4,5 pilih mana data siswa yang benar (sesuaikan dengan data yang ada pada dapodik/data lain yang lebih akurat, seperti akta kelahiran).


  6. Jika ternyata ditemukan maka klik nama siswa yang ada di kotak pencarian tersebut misalnya data yang cocok/sama ada di pencarian 1.
  7. Pada contoh gambar Klik Match karena ada yang cocok (jika tidak ada sama sekali klik Unmatch).
  8. Maka siswa tersebut akan pindah ke Tabel/Menu Referensi
  9. Dilanjutkan dengan klik menu Konfirmasi Data
  10. klik nama siswa yang telah dinyatakan kebenarannya.
  11. Klik OK.
  12. lakukan tahapan tersebut sampai semua siswa di tabel residu berpindah ke referensi.
  13. Selesai
Sebenarnya masih banyak yang harus dijelaskan mengenai Cara Mudah dan Penjelasan Verval PD Terbaru 2014 ( Match dan Unmatch) tapi ditakutkan terlalu kepanjangan, yang nantinya malah bikin pusing. Jadi dicukupkan sekian dulu, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar, atau bisa menghubungi melalui facebook.com/operatorsekolahdotcom.

Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk VERVAL PESERTA DIDIK, dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Loading...