Skip to main content

Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program (Psikologi Penyusunan, Perencanaan Penyusunan Proposal)

Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program (Psikologi Penyusunan, Perencanaan Penyusunan Proposal)
Penyusunan proposal yang menarik dan "menjual” memerlukan keterampilan khusus. Ada sejumlah tahapan yang perlu dilalui, dari proses persiapan penyusunan hingga pengajuannya kepada lembaga atau pihak yang dituju. Persiapan penyusunan proposal harus dilakukan dengan cermat. Pasalnya, banyak pembuat proposal yangsering mengalami hambatan pada tahap ini akibat belum memiliki kerangka program atau tujuan yang jelas mengenai proposal yangakan dibuat. Oleh karena itu, saat akan menyusun proposal pastikan bahwa sejumlah informasi, bahan~bahan, dan kerangka pemikiran (program) yang berkaitan dengan isi proposal yang akan dibuat telahdimiliki, sehingga mudah saat penyusunannya.

Proposal merupakan rencana program, kegiatan,atau usaha yang akan dilakukan. Dan untuk melaksanakan program, kegiatan, atauusaha diperlukan perencanaan yang matang. Pasalnya, perencanaan program, kegiatan, atau usaha yang dibuat tanpa perencanaan yang matang akan sia-sia. Mengapa? Sasaran dan tujuannya pasti tidak akan tercapai dengan baik.
Perencanaan adalah fondasi dari suatu program, kegiatan, atau usaha yang akan dilakukan. Jika diibaratkan membangun sebuah rumah,tentunya pekerjaan yang pertama kali dilakukan adalah membangun fondasi, bukan dinding atau atapnya. Begitu pun saat akan memulai suatu program, kegiatan, atau usaha, perlu direncanakan secaramatang ke dalam bentuk proposal. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu dicermati dalam penyusunan proposal adalah perencanaan itu sendiri, bukan soal pendanaan atau bagaimana pelaksanaannya. Itulah sebabnya, rencana program, kegiatan, atau usaha harus dirancangsebaik mungkin.

Perlu diingat, proposal yang dibuat dengan perencanaan matang bisa berguna sebagai pegangan dasar dalam melakukan program, kegiatan, atau usaha yang akan dilakukan. Dengan begitu,alur program, kegiatan, atau usaha yang dilakukan akan selalu terarah (fokus). Selain itu, proposal yang dibuat dengan perencanaan matang mampu meyakinkan pihak Iain atau pembacanya untuk memberikan bantuan atas program, kegiatan, atau usaha yang akan dilakukan.

Setelah mengetahui Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program (Psikologi Penyusunan, Perencanaan Penyusunan Proposal) maka silahkan lanjutan dengan membaca artikel berikutnya yaitu tentang Jenis-Jenis Proposal yang harus Kita Ketahui.
Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Download, PROPOSAL dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar