-->
358QHmUbFfVCWnFmKzA6bJLHBWq3zReiU3KEyFvm

Software Perawatan Laptop / Komputer : Mengatasi Masalah PC dan Laptop Lemot

Software Perawatan Laptop / Komputer : Mengatasi Masalah PC dan Laptop Lemot
Sebagai Operator Sekolah bekerja menggunakan fasilitas Laptop atau Komputer sudah menjadi hal biasa, karena setiap pekerjaan (tugas) OPS tak jauh dari perangkat tersebut. Dimulai dari input data, mengetik bahkan untuk kegiatan lainnya.

Semakin sering sebuah laptop / komputer digunakan maka performanya akan menjadi menurun atau sering dibilang Laptop menjadi "Lemot" sering terjadi loading pada saat WIndows dijalankan, membuka file dan sewaktu proses shutdown.

Penyebab Laptop / Komputer Lemot

Perlu kita ketahui beberapa hal yang menyebabkan laptop / komputer kita menjadi tidak secepat seperti saat pertama digunakan, secara garis besar diantaranya yaitu :
  1. History, Registry dan Cache setiap kita membuka file
  2. Adanya Badsector di Hardisk
  3. Kapasitas [Drive C:] mulai penuh oleh penyimpanan Data
  4. Mulai terinfeksi virus
Oleh karena itu pada tulisan kali ini operatorsekolah,com akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi seperti  yang telah disebutkan di atas. Kita bahas satu per satu berdasarkan urutan masalah :

  • History, Registry dan Cache setiap kita membuka file
Hal ini tak bisa dihindari karena, setiap saat kita bekerja di Laptop/Komputer pastinya akan tetap meninggalkan History, Registry dan Cache.

Cara mengatasi :
Gunakan Software gratis "CCleaner", anda bisa mendownloadnya dari Filehippo (klik), bagaimana cara menggunakannya sangat mudah sekali, setelah menginstalnya anda hanya perlu klik "Analyze" kemudian "Run Cleaner". Rasakan perbedaannya dengan saat sebelum dibersihkan menggunakan aplikasi tersebut.
  • Adanya Badsector di Hardisk
Karena seringnya digunakan, hardisk pada laptop / komputer lama kelamaan akan mengalami kerusakan baik itu berupa hardware (fisik) maupun data-data yang terdapat pada penyimpanan hardisk (software). Selain itu, badsector bisa diakibatkan karena terlalu sering mati mendadak karena habis daya (baterai).

Cara Mengatasi :
Untuk memperbaiki bagian badsector partikel data Hardisk maka gunakanlah Defragmenter, anda bisa download filenya di [Auslogics Disk Defrag], cara penggunaanya bisa lihat langsung di linknya.
  • Kapasitas [Drive C:] mulai penuh oleh penyimpanan Data
Terlalu banyak menyimpan file (Berkas/Dokumen) di drive C: seperti halnya "My Document" sampai hanya menyisakan beberapa MegaByte , maka akan memperlambat kinerja dari Laptop/Komputer it sendiri. Setiap kita menjalankan sebuah aplikasi maka diperlukan ruang hardisk terutapa di Drive C: untuk keperluan proses saat aplikasi tersebut digunakan.

Cara Mengatasi :
Pindahkanlah data-data penting ke Drive D: kemudian silahkan menghapus file-file tidak terpakai yang berada di my Dokumen.
  • Mulai terinfeksi virus
Hampir semua Komputer/Laptop di seluruh dunia pasti pernah terkena virus terutama bagi yang tidak menggunakan Anti Virus. Kejadian paling umum yaitu berasal dari transfer data melalui flashdisk atau dari koneksi internet.

Cara Mengatasi :
Tanpa perlu dijelaskan panjang lebar, untuk mengatasi masalah ini tak lain bahwa anda diharuskanmenginstal anti Virus. Ada banyak antivirus gratis bisa kita gunakan. Setelah diinstal, silahkan scan Laptop/Komputer secara keseluruhan, jangan lupa untuk mengupdatenya secara rutin.

Download Antivirus Gratis
AVG untuk 32bit
AVG untuk 64bit
Avira 2015
Kaspersky New
Avast 2015
Smadav 2015

Sepertinya mungkin hanya itu saja yang bisa operatorsekolah.com sampaikan terkait tulisan tentang Software Perawatan Laptop / Komputer : Mengatasi Masalah PC dan Laptop Lemot, semoga bermanfaat bagi para Operator Sekolah dan Guru.
Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Download, INFO PENDIDIKAN, OPERATOR SEKOLAH, TEKNISI, TUTORIAL, dengan demikian informasi tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Related Posts

Related Posts