Skip to main content

Inilah Cara instal Aplikasi Dapodik / Dapodikdas v.3.0.2 terbaru 2015

Cara instal Aplikasi Dapodik / Dapodikdas v.3.0.2

Sebenarnya Cara instal Aplikasi Dapodik / Dapodikdas v.3.0.2 hampir sama seperti instalasi dapodik versi sebelumnya, namun kali ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para operator sekolah (OPS) sebelum melakukan instal aplikasi dapodikdas 2015 terbaru ini. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya dengan judul DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK / DAPODIKDAS V.3.0.2 TANGGAL 6 JANUARI 2015, yang membahas mengenai fungsi Aplikasi Dapodik v.3.0.2 ini diperbaharui menjadi lebih mudah untuk digunakan para operator sekolah ditambah lagi adanya fitur baru maka dari itu pada Website Info Pendataan tidak disediakan patch lagi melainkan berupa instaler Dapodiknya saja.  Terus apa saja hal-hal tersebut?

Melakukan Uninstal Aplikasi Dapodik / Dapodikdas V.3.0.1


dapodikdas v.3.0.1 expired
dapodikdas v.3.0.1 expired

Hal ini dilakukan untuk mengganti / memperbaharui semua fungsi yang ada di Aplikasi dapodik versi sebelumnya dengan fitur baru pada aplikasi dapodikdas 2015 terbaru yaitu versi 3.0.2. Jika kita tidak melakukan uninstal terhadap aplikasi dapodik v.3.0.1, maka akan terjadi penolakan instalasi pada saat kita melakukan instal aplikasi dapodik / dapodikdas versi 3.0.2 dengan ditandai peringatan "Aplikasi dapodikdas sudah terpasang, lakukan uninstal terlebih dahulu" seperti pada contoh gambar berikut :

Aplikasi dapodikdas sudah terpasang, lakukan uninstal terlebih dahulu
masalah instal aplikasi dapodikdas v.3.0.2

Semakin jelas saja bahwa kita harus mencopot aplikasi sebelumnya dan mengganti dengan aplikasi versi terbaru (bukan berupa patch sebagai penambal).
Pada tutorial video saya coba melakukan uninstal menggunakan software Advanced Uninstaller Pro 11 (Download Sofwarenya melalui alamat ini : http://www.advanceduninstaller.com/download/),kenapa saya menggunakan software tersebut dan tidak melakukan uninstal melalui control panel pada Laptop / Komputer (Default uninstal)? Alasannya yaitu saya berniat untuk menghapus semua data yang berkaitan dengan aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya sampai benar-benar tuntas (bersih), dimulai dari registry ataupun database yang bisa saja mengganggu pada proses instal aplikasi dapodikdas 2015 terbaru (v.3.0.2), meskipun sebenarnya menggunakan uninstal default melalui Control Panel juga bisa silahkan dipilih saja caranya sesuai kebutuhan para rekan OPS.

Video Tutorial Instal Aplikasi Dapodikdas 2015 terbaru (v.3.0.2)

Langkah-Langkah instal Aplikasi Dapodik / Dapodikdas v.3.0.2

  1. Setelah aplikasi dapodik versi 301 tuntas diuninstal sampai bersih, maka silahkan download aplikasi Dapodik versi terbarunya melalui link berikut ini supaya lebih cepat untuk didownload : DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK v.3.0.2 
  2. Aplikasi Dapodikdas v.3.0.2 Lakukanlah Instalasi sampai tuntas seperti pada aplikasi dapodik versi sebelum-sebelumnya.
  3. Kemudian silahkan Generate dan Download Data Prefill terbaru melalui Info pendataan atau link http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php.
  4. Pindahkan prefill tersebut ke folder prefill_dapodik pada [Drive C:], kalau belum ada silahkan dibuatkan terlebih dahulu.
  5. Lakukan registrasi ulang, data diisi sesuai dengan data-data sebelumnya.
  6. Login. Selesai.

Jadi kesimpulannya :

Lakukan Uninstal aplikasi dapodik v.3.0.1 sebelum melakukan instalasi versi 3.0.2
Sepertinya panduan tentang Cara instal Aplikasi Dapodik / Dapodikdas v.3.0.2 sudah cukup, sebaiknya ikuti tutorialnya sesuai urutan mulai dari awal sampai akhir artikel di atas supaya tidak terjadi kesalahan atau masalah saat instalasi. Semoga bermanfaat dan bisa sedikit membantu, salam OPS semoga berhasil !
Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk APLIKASI, DAPODIK, DAPODIKDAS 2015, MASALAH DAN SOLUSI dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar