Skip to main content

Aplikasi Rapor SD dan SMP Dapodik - Kemdikbud

Dari sekian aplikasi rapor yang sudah banyak tersebar dan menggunakannya, sudah saatnya anda menggunakan Aplikasi rapor resmi dari kemdikbud, aplikasi ini dikhususkan untuk rapor SD dan SMP (Sekolah dasar dan Menengah) yang berbasis Dapodik.

DESKRIPSI APLIKASI RAPOR SD

Penjelasan umum mengenai Aplikasi Rapor SD ini adalah sebagai berikut:
  1. Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
  2. Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
  3. Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaranApabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
  4. Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
  5. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
  6. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
  7. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa.
  8. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4.
  9. Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk), rombel dan siswa.
  10. Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id
Menu Utama Pada Aplikasi Rapor SD ini adalah sebagai berikut:
1. Referensi
Melalui menu ini, pengguna dapat mengolah data referensi yang akan digunakan pada menu lainnya, seperti: Aspek Kesehatan, Tema, Sub Tema, Kompetensi Inti, Kompentensi Dasar dan Indikator.

2. Ekstrakurikuler
Melalui menu ini pengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus jenis kegiatan ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler.
Menu Ekstrakurikuler terdiri dari sub-menu Master Ekstrakurikuler dan Anggota Ekstrakurikuler.

3. Pemetaan
Melalui menu ini pengguna dapat melakukan pemetaan Mata Pelajaran yang ada pada Sub tema, Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pemetaan Indikator. Pemetaan ini akan menetukan aspek yang akan dinilai pada setiap jenis penilaian.

4. Penilaian
Menu ini berfungsi untuk mengisi nilai setiap peserta didik pada seluruh jenis penilaian, seperti: Buku Harian Guru, Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada menu ini juga pengguna dapat mengisi Absensi Peserta Didik, Catatan Prestasi dan Penilan Pambahan (Saran- saran, Aspek Kesehatan dan Perkembangan Fisik Peserta Didik).
5. Rapor
Menu Rapor berfungsi untuk memproses pembuatan rapor sehingga dihasilkan bentuk keluaran rapor yang siap dicetak.

6. Tools
Pada menu ini pengguna dapat melakukan sinkronisasi data dengan database dapodik, seperti: kurikulum, mata pelajaran, pesertadidik, anggota rombel dan sebagainya.

7. Pengaturan
Menu Pengaturan berfungsi untuk mengelola Pengguna dan Group Pengguna.

PENGGUNAAN APLIKASI RAPOR SD

  1. Klik 2 kali pada icon Aplikasi Rapor SD.
  2. Selanjutnya pada layar akan muncul halaman login dari aplikasi sebagai berikut :
  3. Isi Nama Pengguna dengan NUPTK.
  4. Isi Password pengguna. Password pengguna diset secara otomatis sama dengan Nama Pengguna (NUPTK). Sehingga pengguna diwajibkan untuk mengganti password setelah login berhasil.
  5. Pilih Tahun Ajaran dan Semester dimana nilai akan diisi.
  6. Jika Pengguna berhasil login, maka akan ditampilkan halaman Selamat Datang seperti berikut: 
  7. Pada halaman tersebut, Pengguna dapat mengakses Manuan/Petunjuk Penggunaan Aplikasi, caranya klik tombol Manual Penggunaan Aplikasi.
  8. Pada halaman tersebut juga disampaikan Call Center Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD yang diperuntukkan bagi saran komunikasi antara Pengguna (Sekolah) dengan Pihak Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD sebagai pengelola aplikasi ini.

MASALAH DAN SOLUSI INSTAL APLIKASI RAPOR SD dan SMP

Perlu kita ketahui, Aplikasi ini wajib di instal pada Laptop / PC yang sudah terinstal Aplikasi Dapodik di dalamnya. Kenapa? Hal ini dikarenakan Aplikasi Rapor ini mengambil data dan tersinkron dengan aplikasi dapodik. Jadi apabila anda menginsal aplikasi ini pada PC / Laptop tanpa ada Dapodiknya maka, akan terjadi error dan tidak bisa digunakan. Sebagai contoh coba lihat 2 gambar di bawah ini :
aplikasi rapor error
Masalah Aplikasi Rapor tidak bisa dibuka

Masalah Aplikasi Rapor tidak bisa dibuka
Akibat Instal di Laptop / PC tanpa ada Dapodik 

Dengan mengetahui Cara instal yang baik dan benar maka anda bisa menggunakan Aplikasi Rapor SD dan SMP Dapodik - Kemdikbud ini, silahkan download Aplikasi dan Panduan Penggunaan Lengkapnya di bawa ini


Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk APLIKASI, DAPODIK, DAPODIKDAS 2014, INFO PENDIDIKAN dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar