U2FsdGVkX197TA9xRAOWOuRC4ukixnpEjCErmzs5MyJFh8iiaNbN3ziEUYClVCNTTypCw/6fX41PQ90jQDnOTQ==
Berdasarkan informasi nomor induk sekolah yang dikutip dari facebooknya Pa Yusuf Rokhmat, yang menyampaikan informasi sebagai berikut :
Just remining and early warning
Data BOS sebentar lagi di ambil utk diberikan ke kemenkeu utk dialokasikan dana BOS. Sdh benar dan lengkap kah siswanya?
Next UN based on dapodik, segera di proses.
Sebagai pemanasan saja pastikan siswa tingkat akhir SD (tingkat 6) dan SMP (tingkat 9) telah masuk ke dalam database dapodikdas , baik kelengkapan dan kebenaran nya, jgn terbalik dan tertukar.
Nama, tingkat, tempat lahir, tgl lahir, SKHUN, NIS , ibu dan ayah kandung,
Periksa periksa dan periksa...!!! Dari sekarang, jgn sampai terlewat.jangan tunggu deatline , pengalaman sdh membuktikan mendekati detline padat merayap traffic data nya.
Salam satu data
Maka dari itu bagi yang belum input Nomor Induk Siswa di dapodikdas 2014 / dapodik v3.0.0 silahkan segera input NIS sesuai data siswa yang belum lengkap. Untuk mempersingkat waktu dalam pengisian NIS (Nomor Induk Siswa) maka silahkan ikuti tips di bawah ini, tetapi dengan syarat pada saat pendaftaran siswa masuk ke sekolah Nama di Absensi harus berdasarkan Huruf Abjad. nis sekolah
  1. Login ke dapodikdas http://localhost/
  2. Download Absensi Peserta Didik, dan buka file excel tersebut
  3. Masukkan Nomor Induk Sekolah di nomor absen pertama dan kedua misalnya : Absen Satu : 14051001, dan Absen Dua : 14051002
  4. Blok kedua NIS tersebut
  5. Drag / Tarik di bagian sudut bawah dengan ditandai kotak kecil berwarna hitam sampai ke siswa terakhir seperti pada gambar di atas
  6. Maka NIS akan terbentuk dengan sendirinya sesuai urutan
  7. Setelah tahap tersebut selesai, silahkan kembali ke aplikasi dapodikdas
  8. Cari nama siswa yang akan diisikan Nomor Induk Siswanya
  9. Jika sudah ditemukan, klik nama siswa tersebut
  10. Klik Registrasi
  11. Masukkan NIS pada kolom NIS yang tersedia di Menu Registrasi tersebut. Dengan cara Copy Paste dari Excel Absen Peserta Didik yang telah kita edit sebelumnya
  12. Save and Close
Download : Aplikasi cetak kartu NISN

Semoga tutorial Cara Cepat Input / Memasukkan Nomor Induk Sekolah (NIS) di Dapodikdas 2014 / Dapodik v.3.0.0 di atas bisa sedikit mempermudah para rekan OPS

Update Jumat 19 Januari 2018

Cara Cepat Input / Memasukkan Nomor Induk Sekolah (NIS) di Dapodikdas 2014 / Dapodik v.3.0.0

Update 2018. Hari ini admin akan mengulas dan membagikan Cara Cepat Input atau Memasukkan Nomor Induk Sekolah (NIS) di Dapodikdas. Sebelum membagikan panduannya admin akan sedikit membahas mengenai atau apa itu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, kode tersebut dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya yang tersebar di seluruh sekolah Indonesia, bahkan Sekolah yang ada di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Untuk sistem NISN secara nasional dilakukan oleh Pusat yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Hasil akhir dari kode identifikasi nantinya akan ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Ini Dia Cara Cek NISN Siswa TK, SD, SMP, SMA / SMK di Internet secara Online

Oke, Sekarang langsung saja menuju kepanduannya, Pertama :

  1. Kunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Klik pada menu “Pencarian Berdasarkan Nama”
  3. Kemudian masukkan nama Siswa
  4. Masukkan Tempat Lahir siswa
  5. Selanjutnya inputkan tanggal-bulan-tahun lahir dengan format tanggal/bulan/tahun, contohnya 15/03/2003
  6. Klik Cari

Setelah  mengeklik tombol “Cari”, maka akan tampil hasil pencarian NISN berdasarkan nama dengan keterangan sebagai berikut :

  • NISN
  • Nama Siswa
  • Jenis Kelamin
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir

Sekarang sudah berhasil mengetahui Nomor Induk Sekolah (NIS) dan kevalidan data yang ada, jika belum valid, bisa menghubungi Operator Sekolah masing-masing untuk membetulkannya.

Itu saja sedikit panduan atau tutorial mengenai Cara Cepat Input / Memasukkan Nomor Induk Sekolah (NIS). Mudah-mudahan apa yang sudah dibagikan hari ini bisa bermanfaat dan sesuai. terakhir, Mohon maaf bila ada kesalahan/ kekurangan dalam proses penyusunan artikel. Terimakasih, Semoga mudah untuk dipahami Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk DAPODIK, INFO PENDIDIKAN, dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Loading...