Skip to main content

Contoh Anggaran Dasar (AD) & Anggaran Rumah Tangga (ART) Yayasan Lembaga PAUD

Contoh Anggaran Dasar (AD) & Anggaran Rumah Tangga (ART) Yayasan Lembaga PAUD.jpg


AD-ART (Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga) adalah suatu acuan program dalam garis besar sebagai pernyataan kehendak pimpinan dan anggota suatu organisasi yang pada intinya berisi Kerangka Umum Program Kerja yang ditetapkan oleh Rapat Pimpinan dan Anggota Suatu Organisasi.

AD-ART adalah landasan menjalankan organisasi tersebut, sebagai contoh: Apabila yayasan yang menaungi lembaga PAUD itu adalah sebuah negara kecil maka AD-ART berperan sebagai "undang-undang dasar" atau UUD-nya, dimana AD/ART tersebut disepakati dan diputuskan dalam sebuah rapat tertinggi.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun AD-ART sebuah organisasi atau yayasan yang telah ditetapkan melalui rapat tertinggi, adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Bersama
AD-ART isinya harus dibuat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai bersama dalam sebuah organisasi.

2. Hindari Ambigu, Gunakan Kata yang Jelas
Ini penting agar tidak terjadi kesalah fahaman di kemudian hari. Penggunaan kata yang jelas dan menghindari ambigu atau makna ganda akan sangat baik bagi kelangsungan hidup organisasi.

3. Sesuaikan Konteks
AD-ART memuat peraturan yang sifanya dinamis, sehingga AD-ART dapat diubah isinya jika visi misi lembaga sudah mulai bergeser. AD-ART bukanlah kitab suci yang tidak bisa diubah isinya.

4. Tidak Copy Paste
Setiap yayasan akan berbeda Ad-ART nya karena visi misi nya juga berbeda. Maka pastikan isinya memuat tujuan yang ingin dicapai bersama dan peraturan-peraturan lain yang diperlukan.

Untuk melengkapi dokumen administrasi PAUD, silahkan untuk mengunduh filenya melalui link berikut ini:

Download Link:

Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk ADMINISTRASI PAUD, Download, Microsoft Word, PAUD, Riki Riyaldi dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar