Skip to main content

Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran : Penjelasan dan Panduan

Apakah para rekan Operator Sekolah sudah mengetahui kabar tentang Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran? Pekerjaan baru bagi rekan-rekan operator sekolah, Dinas dan pusat karena kemendikbud telah menerbitkan berita tentang Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran. Adapun, Sistem "Verifikasi dan Validasi Data Proses Pembelajaran" dimaksudkan untuk memastikan konsistensi proses belajar mengajar (PBM) dengan acuan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan sumber data Dapodik.

Apa itu Situs Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran?

Situs ini menyajikan sistem verifikasi validasi data proses pembelajaran pada tingkat entitas satuan pendidikan (meliputi peserta didik. pendidik dan sarana-prasarana) yang mengacu pada SPM (Standard Pelayanan Minimal) dan SNP (Standard Nasional Pendidikan).
Proses verifikasi dan validasi data dilakukan dengan formula/parameter yang berbasis pada indikator pendidikan yang tertuang dalam SPM dan SNP. Pada tahap awal jumlah formula/parameter masih sangat tebatas, dan akan terus dikembangkan. Sistem ini menghasilkan catatan-catatan kesesuaian dan konsistensi terhadap proses belajar mengajar setiap satuan pendidikan dengan standard yang telah ditentukan. Implikasi dari hasil sistem ini adalah sebagai bahan masukan pada penentu kebijakan tentang kondisi proses belajar mengajar pada setiap entitas satuan pendidikan, yang selanjutnya dapat di susun intervensi kebijakan yang tepat.
Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran : Penjelasan dan Panduan

Verval Pembelajaran

Tujuan dari verval proses pembelajaran ini merupakan sebagai mekanisme monitoring dan evaluasi satuan pendidikan terkait dengan pelaksanaan SPM (Standard Pelayanan Minimal) dan SNP (Standard Nasional Pendidikan). Sistem ini merupakan salah satu bentuk pendayagunaan DAPODIK, Langkah Awal adalah Debugging Data (Memastikan data mengalir dengan baik dari OPS-DAPO-ODS dan DW) dan Langkah berikutnya mempebanyak Parameter/Formula terkait dengan Evaluasi Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan berdasar pada data-data DAPODIK.
Adapun untuk melakukan verval proses pembelajaran ini, rekan-rekan bisa mengikuti panduan di bawah ini:
  1. Masuk ke alamat berikut :http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/beranda.php
  2. Selanjutnya, klik tombol login di atas kanan halaman utama
  3. Tuliskan Username dan Password Vervalpd anda.
  4. Setelah masuk di halaman verval proses pembelajaran, selanjutnya klik :
  5. Panduan : Menyajikan daftar isi cara melakukan proses verval pembelajaran, tujuan, konfigurasi dan sebagainya
  6. Proses : Menentukan bentuk sekolah, kabupaten/kota, tahun data, dan sebagainya
  7. Formula : Bentuk dari nama parameter misalnya Rasio Peserta Didik SD/MI per Rombongan Belajar beserta keterangannya
Apabila penjelasan diatas kurang dipahami, mohon tidak langsung menyimpulkan sendiri akan lebih baik jika rekan-rekan operator sekolah semua berkoordinasi langsung dengan kepala sekolah dan Operator dinas sehingga lebih jelas dan bisa dipahami maksud dari Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran ini. Demikianlah semoga bermanfaat.

  • Panduan Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran 1 (jpeg) (download)
  • Panduan Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran 2 (pdf) (download)

VervalPP-Proses Pembelajaran
vervalsp.data.kemdikbud.go.id

Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk INFO PENDIDIKAN, VERVAL PROSES PEMBELAJARAN dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar