Skip to main content

Masalah Naskah Soal Ujian Nasioal (UN) Bahasa Inggris - 15 Soal Tidak Masuk Penilaian

Adanya permasalahan pada Naskah soal Ujian Nasioanal mata pelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK/MA akhirnya diputuskan untuk TIDAK dimasukkan ke Penilaian, hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan antara soal cetak dengan audio listening yang terdapat pada CD (Compact Disk), Faktor utama terletak karena perbedaan perusahan produksi antara soal cetak dengan pabrik pembuatan soal Audio listening Bahasa Inggris tersebut.
Masalah Naskah  Soal Ujian Nasioal (UN) Bahasa Inggris - 15 Soal Tidak Masuk Penilaian

Terdapat 15 soal tidak cocok membuat Soal Ujian Nasional tersebut menjadi tidak relevan satu sama lainnya dengan demikian para siswa tidak diperbolehkan menggunakan CD, jadi hanya mmengerjakan soal dalam bentuk cetaknya saja, ungkapan Anies Bewasdan Kemdikbud pada hari rabu tanggal 14 April 2015 kemarin.

Jadi pada intinya dari 50 soal mata Pelajaran Bahasa inggris itu terdapat 35 soal teks dan 15 soal Listening, dengan adanya permasalahan yang telah disampaikan pada paragraf 1 dan 2, siswa akan tetap dinyatakan lulus dengan nilai 10 meskipun hanya berhasil menjawab 35 soal tertulis.

Berikut Kutipan lengkap dari JPNN :
Sesuai laporan yang diperoleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), masalah terjadi di Jawa Timur, di mana ditemukan ketidaksesuaian soal audio listening yang terdapat dalam cakram padat atau compact disk (CD) dengan soal yang berada di naskah.
Mendikbud Anies Baswedan menegaskan hal tersebut tidak akan merugikan siswa karena 15 soal listening yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Inggris itu tidak akan digunakan dalam penilaian.
“Sesuai SOP yang ada, komponen listening agar tidak merugikan siswa tidak dipakai CD-nya, dan tidak diperhitungkan dalam penilaian,” ujar Anies saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu (15/4).
Dikatakannya, dari 50 total soal ujian Bahasa Inggris, ada 15 soal komponen listening. Perhitungan penilaian tetap proporsional, sehingga siswa tetap bisa memperoleh nilai sempurna (10) jika berhasil menjawab dengan benar 35 soal di luar komponen listening.
Ketidaksesuaian antara audio di cakram padat dengan narasi yang berada di naskah soal tersebut disebabkan boks dan amplop yang membungkus cakram padat dan naskah soal benar-benar disegel dan tidak ada yang membuka kecuali sudah berada di dalam ruang ujian.
“Jadi tidak mix and match. Perusahaannya berbeda. Perusahaan yang menyiapkan CD dan kertas tidak sama,” kata Mendikbud.
Demikian informasi mengenai Masalah Naskah  Soal Ujian Nasioal (UN) Bahasa Inggris - 15 Soal Tidak Masuk Penilaian, mudah-mudahan bisa menambah info pendidikan bagi rekan-rekan.
Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Bank Soal, INFO PENDIDIKAN, UN 2015 dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar