U2FsdGVkX197TA9xRAOWOuRC4ukixnpEjCErmzs5MyJFh8iiaNbN3ziEUYClVCNTTypCw/6fX41PQ90jQDnOTQ==

Kurikulum 2013 Setengah Matang


Pada Rapat evaluasi Kurikulum 2013 yang telah menghadirkan beberapa mantan pejabat dan pejabat masih aktif di Kemendikbud yang masih ada keterlibatan mengenai lahirnya Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 yang merupakan pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2006) ini dinilai kurikulum yang setengah matang. Kurikulum baru ini juga dipaksakan untuk diimplementasikan di seluruh sekolah. Banyak guru yang kesulitan menjalankan penilaian Kurikulum 2013 yang berbasis diskripsi.

kurikulum 2013 dikembalikan ke KTSP karena setengah matang
kurikulum 2013 dikembalikan ke KTSP karena setengah matang


Kurikulum 2013 dikembalikan ke KTSP

Dalam rapat perdana Kurikulum 2013, Anies mengumpulkan mantan pejabat dan pejabat aktif Kemendikbud yang terlibat membidani kelahiran K13. Pertama adalah kurikulum yang diluncurkan tahun lalu itu adalah kurikulum yang setengah matang dan dipaksakan untuk dijalankan di seluruh Indonesia. Kedua Kemendikbud menerjunkan tim untuk mendeteksi seberapa mentahnya kurikulum ini di lapangan.
Selama masa moratorium implementasi Kurikulum 2013, pembelajaran dikembalikan ke Kurikulum 2006 atau lebih dikenal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum yang diluncurkan pemerintahan tahun lalu itu dinilai kurikulum yang setengah matang dan dipaksakan untuk dijalankan di seluruh Indonesia.

"Saya ini menerima warisan masalah kebijakan implementasi kurikulum," kata Anies.

Kemendikbud menargetkan keputusan final nasib Kurikulum 2013 ini Desember mendatang.
Banyak guru yang kesulitan menjalankan evaluasi K13 yang berbasis diskripsi. Dia mencontohkan seperti orang yang ditugasi menulis buku dalam waktu yang singkat. Dia lantas membandingkan implementasi K13 ini dengan Kurikulum 2006 atau akrab dikenal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Setelah itu harus ada laporan balik (feedback) dari sekolah untuk dianalisa Kemendikbud. Tetapi yang terjadi adalah, K13 tahun ini dipaksanakan diterapkan di 200 ribu lebih sekolah SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia.

Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk INFO PENDIDIKAN, KURIKULUM 2013, dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Loading...