-->
358QHmUbFfVCWnFmKzA6bJLHBWq3zReiU3KEyFvm

Contoh RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)

Contoh RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)


RAPBS adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama dan merupakan dokumen anggaran sekolah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah dan Kepala Sekolah serta penanggungjawab perumusan RAPBS, untuk menjadi anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah.

RAPBS dibuat hanya untuk satu tahun anggran pelajaran mendatang dan terdiri dari 2 bagian yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah.

Rencana Pendapatan dan Belanja Sekolah atau RAPBS adalah pilar managemen sekolah dengan RAPBS inilah semua kegiatan sekolah direncanakan, tidak sekedar teknis pelaksanaan tetapi juga non teknis. Dana yang didapatkan dari pemerintah dan masyarakat serta dana bantuan lain yang mungkin didapatkan sekolah, diatur sedemikian rupa sehingga penggunaannya jelas dan terbuka. Hal ini juga untuk membiasakan keterbukaan dalam sistem managemen.

Setiap kegiatan yang diselenggarakan sekolah sudah direncanakan dalam RAPBS karena terkait dengan pembiayaan kegiatan tersebut. Kita selalu membutuhkan pembiayaan, baik itu besar maupun kecil untuk itulah RAPBS disusun sekolah dan stakeholder terkait.

Bagaiman cara membuat RAPBS?
Secara rinci langkah penyusunan RAPBS, yaitu:
contoh rapbs
  • Inventarisasi kegiatan untuk tahun yang akan datang, baik kegiatan rutin maupun kegiatan pembangunan/ pengembangan berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan pada tahun sebelumnya, analisis kebutuhan tahun berikutnya, dan masukan dari seluruh warga sekolah maupun Komite sekolah.
  • Inventarisasi sumber pembiayaan baik dari rutin maupun pengembangan.
  • Penyusunan Rencana Kegiatan sekolah (RKS) yang lengkap berdasarkan Langkah poin (1) dan (2). Kepala sekolah membuat tabel RKS yang terdiri dari kolom-kolom nomor urut, uraian kegiatan, sasaran, kolom-kolom perincian dana dari berbagai sumber, dan kolom jumlah. Tabel tersebut diisi sesuai kolom yang ada.
  • Penyusunan RAPBS, Kepala sekolah membuat tabel RAPBS yang terdiri dari kolom-kolom, yaitu kolom rencana penerimaan dan jumlahnya, kolom rencana pengeluaran dan jumlahnya. Tabel tersebut diisi kemudian ditandatangani oleh Kepala sekolah dan Ketua komite sekolah dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat.
Berikut ini kami sajikan contoh RAPBS dengan format microsoft excel dan word, download pada link dibawah ini:

Update 2018 Contoh RAPBS Paud SD SMP SMA SMK Format Pdf

Berikut kami sajikan kembali salinan Contoh Rencana Anggaran Biaya Sekolah Swasta maupun Negri yang dapat rekan rekan tenaga pendidik gunakan sebagai referensi dalam membuat beberapa lembar pengesahan untuk semua satuan pendidikan dengan pembuatan contoh RAPBS SD SMP SMA dalam mengisi setiap lampiran keterangan terkait Rencana Anggaran Pendapatan dan belanja Sekolah.

Membahas terkait suatu yang berhubungan dengan pengelolaan dana Anggaran Sekolah tentu saja harus di kelola dengan baik terutama dalam merencanakan beberapa rencana kegiatan sekolah, yang pastinya dapat di laksanakan secara efektif dan efesien terutama secara transparan dan akuntabel, berkaitan dengan pihak pengelola Sekolah yang sedang memerlukan Contoh APBS RAPBS berikut kami akan menyajikan beberapa Contoh lampiran yang bisa digunakan sebagai bahan rujukan.
Contoh RAPBS

Berbicara terkait suatu kegiatan sekolah yang telah diselenggrakan tentu telah di susun dalam RAPBS dengan Rinci, dimana rencana tersebut dilakukan untuk setiap anggaran satu tahun, dengan penyusunan Rencana Anggaran dan Belanja secara langsung maupun tidak langsung, yang mencakup semua kegiatan program pendidikan. 

Berkiatan dengan itu maka kami telah menyedikan contoh penyusunan pembuatan rencana anggaran Biaya Sekolah, dengan bersisikan beberapa contoh pengesahan lampiran, untuk Rekapitulasi juga contoh rincian belanja tidak langusng dan rincian belanja langsung lengkap beserta program kegiatan yang dapat anda dapatkan sebagai referensi di bawah ini.
Demikian informasi terbaru dari kami mengenai Contoh APBS/RAPBS kami bagikan diharapkan mampu menjadi suatu pedoman bagi anda yang sedang memerlukan contoh pembuatan susunan rencana kegiatan sekolah. Sekian penyampaian artikel hari ini semoga bermanfaat.

Update Sabtu 12 Mei 2018 Contoh RAPBS

Update Sabtu 12 Mei 2018 Contoh RAPBS

Update Sabtu 12 Mei 2018 Contoh RAPBS - Kali ini admin kembali membagikan artikel mengenai RAPBS (Rencana Anggara Pendapatan dan Belanja Sekolah) dimana didalam artikel ini admin bagikan sebuah aplikasi berbasis excel guna membantu Bapak Ibu agar lebih mudah dalam mengerjakan atau mengelola dana kuangan sekolah serta bagi Tim Penyusun RAPBS dalam membuat rumusan dan merancang dana anggaran sekolah sesuai dengan petunjuk teknis dan pedoman RAPBS untuk tahun ajara 2017/2018 saat ini. Untuk lebih jelasnya berikut kami berikan gambaran mengenai aplikasi RAPBS format excel terbaru tahun 2017. 

Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah yang kemudian disingkat RAPBS dibuat pada setiap awal tahun pelajaran baru. Pembuatan RAPBS ini bertujuan sebagai kerangka awal dalam penyusunan anggaran selama satu tahun kedepan. Didalam pembuatan RAPBS ini bendahara bekerjasama dengan tim khusus yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah. Nah untuk memudahkan pembuatan RAPBS ini kini sudah hadir sebuah aplikasi berbasis excel yang dilengkapi dengan beberapa form seperti K1, K2, Rencian per kegiatan dan per sumber, rekapitulasi dan lain-lain. Pertama-tama silahkan dapatkan aplikasinya terlebih dulu pada link dibawah ini:

Link Google Drive :

Pada formatt K1 berisi form yang diisi oleh sekolah untuk diberkaan ke Tim Manajemen BOS kabupaten atau kota. Sedangkan pada form K2 terdapat Rencana Kegiatan Anggara Sekolah yang mana dana yang akan digunakan bersumber dari dana BOS. Itu saja sedikit ulasan mengenai aplikasi RAPBS referensi dari kami sebagai contoh untuk membuat atau menyusun RAPBS tahun ajaran 2018/2019 mendatang. Sekian dan terimakasih


Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Contoh RKAS SD 2017 Excel untuk SD SMP SMA
  2. Aplikasi Alpeka BOS 2017 Excel Sebelas Komponen Baru
  3. Juknis BOS 2017 Final Bukan Draft untuk SD SMP SMA SLB
Diharapkan ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk ADMINISTRASI PAUD, Download, Microsoft Excel, Microsoft Word, PAUD, RAPBS, Riki Riyaldi, dengan demikian informasi tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Related Posts

Related Posts